Cupang

Alternatif Aktifitas Seru di Rumah, Ramah Lingkungan dan Hemat Biaya

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Menekan nilai Covid-19, pemerintah terus mencadangkan masyarakat membatasi aktivitas. Bila tak ada kepentingan yang mendesak, masyarakat diimbau buat di rumah saja. Buat mengatasi rasa bosan selama di rumah saja, ada beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan. Barang apa saja aktivitas seru pada rumah saja yang mampu Anda lakukan?

1. Budidaya Ikan Cupang

Budaya baru dalam konvensi masyarakat, membuat trend penanaman ikan cupang kembali tumbuh. Ervando Suryanata contohnya. Mahasiswa asal Banyuwangi ini bermodalkan 1, 2 juta memetik untung sampai puluhan juta rupiah.

Kegemaran memelihara ikan cupang dasar sudah membudaya. Terlebih lagi memelihara ikan cupang tergolong mudah. Pasalnya di sedang pandemi seperti ini, bisnis cupang sudah melalang buana.

2. Pengolahan Kotor Organik

Sketsa mengolah sampah rumah nikah. (Foto: Dok. Thegorbasla)

Cakap gak sih kalau manusia Indonesia setiap harinya berpotensi menghasilkan 0, 6 kg sampah? Tahukah kamu jika 60% sampah yang kita hasilkan, adalah sampah organik.

Nah banyak cara untuk memanfaatkan dan mengolah limbah organik dengan kita hasilkan setiap keadaan. Kita ambil contoh telur. Cangkang telur jangan dibuang, kalian bisa hancurkan cangkang telur dan menjadikannya jadi pupuk tanaman. Bisa juga ditambahkan dengan ampas tiruan, kulit pisang, untuk memberikan nutrisi pada tanaman. Memikirkan cangkang telur akan terurai sempurna dalam waktu beberapa bulan.

3. Bonsai

Tanaman Bonsai. (Foto: Dok. Dekorumah)

Kebiasaan memelihara tanaman hias membuat orang semakin melirik kembali bonsai. Pasalnya bonsai tanaman atau pohon yang dikerdilkan di pot dangkal dengan arah membuat miniatur dari wujud asli pohon besar dengan sudah tua di dunia bebas.

Banyak jenis-jenis tanaman yang bisa kalian bonsai. Seperti beringin, Adenium, Azalea, Anggur, Pinus, Maple, dan masih banyak lagi.

Kira-kira hal yang harus diperhatikan dalam bonsai yakni penyerasian cabang, pengawatan, ikatan hubungan, dan pemotongan pemangkasan tumbuhan.

Musim pandemi begini, kita bisa mengasaskan kembali aktifitas-aktifitas menarik tersebut. Selain hobi, aktivitas seru di rumah seperti pada atas dapat dijadikan buat menambah penghasilan. Selamat memeriksa! (*)