Informasi-Covid-19-ditampilkan

Amerika Serikat Deteksi Varian Baru Covid-19 Brasil

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Amerika Serikat melaporkan kasus varian baru Covid-19 yang terdeteksi di Brasil.

Hal itu diketahui oleh Departemen Kesehatan Minnesota pada hari Senin (25/1/2021), hari yang persis saat Presiden Amerika Serikat, Joe Biden memperpanjang pembatasan larangan bagi sebagian besar warga negara non-AS dengan belum lama melakukan perjalanan ke Negeri brazil, Afrika Selatan, dan beberapa negara Eropa untuk memasuki AS.

Dilansir Al Jazeera, Amerika Serikat telah melewati 25 juta kasus Covid-19, lebih dari seperempat infeksi dunia.

“Varian virus corona baru yang dikenal sebagai P1 tersebut terdeteksi pada spesimen dari seorang penduduk Minnesota dengan riwayat perjalanan baru-baru itu ke Brasil, ” kata bagian kesehatan negara bagian itu dalam sebuah pernyataan.

Badan tersebut mengatakan, itu menandai contoh terdokumentasi pertama dari varian P1 di Amerika Serikat.

Meskipun disebut varian Brasil ini dianggap lebih mudah menular daripada strain awal virus yang menyebabkan Covid-19, namun tidak diketahui apakah penyakit yang ditimbulkannya itu bisa menyebabkan lebih parah.

Joe Biden berjanji untuk melancarkan pertarungan sengit melawan Covid-19 di AS, yang telah mencatat kasus terbanyak dan kematian terkait virus corona di dunia.

“Dengan pandemi yang memburuk dan varian yang lebih menular menyebar, ini bukan waktunya untuk mencabut pembatasan perjalanan internasional, ” kata juru bicara Gedung Putih, Jen Psaki pada jumpa pers sebelumnya tentang pembatasan perjalanan yang diperbarui.

Menurut data Universitas Johns Hopkins. Amerika Serikat telah mencatat lebih dari 25 juta infeksi, seperempat kasus global dengan lebih lantaran 420. 000 orang meninggal dunia sejak pandemi Covid-19 dimulai.

Kepala Pusat Pengendalian serta Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Konsorsium memperingatkan pada akhir pekan cerai-berai bahwa kematian terkait virus korona di Amerika Serikat bisa melewati 500. 000 pada bulan aliran.

CDC dan Departemen Luar Negeri AS juga mengumumkan bahwa mulai Selasa, semua pelancong yang sampai ke Amerika Serikat harus membuktikan tes Covid-19 negatif sebelum naik ke pesawat. Hal Itu berlaku pula bagi warga negara AS & warga negara asing.

Menyusul ditemukannya varian baru Covid-19 yang baru dari Brasil, Bagian dan CDC juga telah menyarankan warga Amerika Serikat untuk mempertimbangkan kembali perjalanan ke luar negeri, dan menunda semua perjalanan yang tidak penting. (*)