Hi-Hasyim-Hi-Hamzah

Besar Kemenag Pulau Morotai: Jadikan Ramadan Wadah Peningkatan Keyakinan, Ilmu dan Amal

TIMESINDONESIA, MOROTAI – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pulau Morotai, Maluku Melahirkan mengajak masyarakat suntuk meningkatkan Iman, Ilmu dan Amal di tengah badai pandemi Covid-19.

Hal itu dilakukan melalui Safari Ramadan di lima Kecamatan pada Pulau Morotai dengan menunggangi Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) dan staf dalam kecamatan masing.

Selain itu, kegiatan Safari Ramadan dikendalikan langsung sebab Kepala Kantor Kementrian Pegangan Pulau Morotai, Hi Hasyim Hi Hamzah dan sebesar stafnya.

melakukan-ceramah-Syafari-Ramadhan.jpg

Menurut Kepala Kemenag Pulau Morotai, Hi Hasyim Hi Hamzah, bahwa kegiatan Safari Ramadan merupakan kegiatan tahunan dan pada Ramadan kala ini Safari sudah dikerjakan sejak 2 Hingga 10 Ramadhan 1442 H.

“Hingga memasuki pembukaan 10 hari kedua Pertarakan maka, sudah sekitar 30 lebih Mesjid yang disasar Tim Safari Ramadan Biro Kemenag Kabupaten Pulau Mororai di 6 Kecamatan, ” ungkapnya.

Kakanmenag Hi Hasyim menjelaskan bahwa kegiatannya dibagi per-zona Kecamatan, dipimpin langsung oleh masing Kepala KUA didampingi para Penyuluh Agama Islam.

“Sementara saya Kakanmenag memimpin tim safari pada Mesjid dalam kota Kabupaten dan sekitarnya antara asing: Mesjid Momojiu, Mesjid Yayasan dan mesjid Muhajirin, ” katanya.

Perjalanan Ramadan ini memang betul dimanfaatkan pihak Kemenag Pulau Morotai sebagai wadah silaturahmi dan edukasi bagi masyarakat muslim di Pulau Morotai.

Kepala Kantor Kemenag Hi Hasyim Hi Hamzah mengatakan, ada beberapa inti yang dikedepankan dalam safari, yakni: Pertama, peningkatan kualitas Iman, Ilmu dan kebaikan. Kedua, Peningkatan kerukunan kehidupan beragama melalui moderasi beragama.

Ketiga, Penambahan Kesadaran berbagi melalui putaran Zakat, infaq dan shadaqah dan Ke empat, membentuk Kesadaran penggunaan dan penggunaan produk berlabel halal. (*)