cek-fakta-Amien-Rais

#@@#@!![CEK FAKTA] Berita Penyebab Kematian Amien Rais

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video berita yang diberi narasi penyebab kematian Amien Rais. Video itu beredar di media baik Facebook, diunggah oleh akun Indonesia Trendinh News di 1 Juni 2021 memukul 17. 13 WIB.

Video tersebut berdurasi 8 menit 19 detik. Berikut narasi yang disematkan pada video tersebut:

Berita Terkini Meng3jutk4n. Penyebab K3m4ti4n Amien Rais Tak Di Taksir Ternyata Karna Ini

Pantauan Awak Cek Fakta TIMES Nusantara, hingga Selasa (22/6/2021) memukul 15. 00 WIN, video tersebut telah mendapat lebih dari 3100 komentar, ditonton sebanyak 907 ribu kala, dibagikan lebih dari 466 kai, dan mendapat respons like sebanyak lebih dibanding 7300 kali.

Sumber: Tangkapan adang-adang Facebook

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Awak Cek Fakta TIMES Nusantara, video yang disertai riwayat tentang penyebab kematian Amien Rais merupakan informasi dengan salah.

Buatan penelusuran Tim Cek Bahan, video tersebut tidak bersentuhan sama sekali dengan pengantara kematian Amien Rais. Narasi hanya berisi potongan-potongan gambar pernyataan Amien Rais dan beberapa tokoh atau penguasa yang merespons Amien Rais.

Melalui mesin pencari ditemukan adanya gambar serupa yang berkaitan secara klaim Amien Rais wafat. Video tersebut beredar dalam Youtube dengan judul “INNALILLAH!! ALI NGABALIN KEWATIR PAK TUA INI W4F4T SEBELUM PEMILU”. Video tersebut diunggah oleh channel Pena Istana pada 23 Mei 2021.

Mengutip turnbackhoax. id, dalam halaman sampul video tersebut terdapat memotret jenazah yang telah dibalut kain kafan dan dikelilingi para pelayat. Narasi dalam halaman sampul tersebut menyimpan “Kabar Duka Innalilahi Wainnalihi Raji’un Akibat Selalu Menjelekan Jokowi Amien Rais Jadi Begini”.

Sumber:[SALAH] “Penyebab Kematian Amien Rais” | Turnbackhoax

Terpaut dengan keberadaan Amien Rais, dilansir dari sindonews. com, ia masih memberikan pernyataan ke publik pada 26 Mei 2021 atau 3 hari setelah video Youtube tersebut diunggah.

Saat itu, Ketua Mahkamah Syura Partai Ummat tersebut mengimbau umat Islam untuk melaksanakan salat gerhana. Taat Amien Rais, salat kecelakaan merupakan sebuah sunah muakadah, sunah yang sangat dianjurkan. Amien Rais menyampaikan imbauan tersebut melalui Channel YouTube Amien Rais Official, Rabu (26/5/2021).

Sumber: Amien Rais dan Ketum Kelompok Ummat Imbau Umat Agama islam Salat Gerhana | SINDONEWS

Data dari TIMES Indonesia, pada 29 April 2021 lalu, Amien Rais sudah resmi mendeklarasikan bPartai Ummat di Yogyakarta. Deklarasi yang dihadiri 99 pendiri Golongan Ummat dari 34 daerah tersebut dipimpin langsung oleh Amien Rais.

Sumber: Dari Yogyakarta, Amien Rais Resmi Deklarasi Partai Ummat | TIMES Nusantara

Penyeliaan fakta atas klaim itu telah dilakukan Mafindo, jaringan Tim Cek Fakta TIMES Indonesia. Mafindo menyatakan hingga saat ini, tidak ada informasi valid dan meyakinkan terkait klaim yang telah beredar tersebut.

Sumber:

[SALAH] “Penyebab Kematian Amien Rais” | Turnbackhoax

Sampai penelusuran ini dilakukan, Amien Rais masih tumbuh, dan tidak ditemukan adanya informasi resmi yang mencantumkan ia meninggal dunia.

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Nusantara, video berita yang diberi narasi penyebab kematian Amien Rais merupakan informasi dengan salah. Tidak ada data resmi atau valid terpaut klaim meninggalnya Amien Rais.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, klaim tersebut masuk dalam kategori Misleading Content (Konten Menyesatkan).

Misleading Content berlaku akibat sebuah konten diciptakan dengan nuansa pelintiran buat menjelekkan seseorang maupun ikatan. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini serasi dengan kehendak pembuat data.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti tulisan, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak mempunyai hubungan dengan konteks aslinya.

—-

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi nyata di Dewan Pers. Di dalam kerja melakukan cek tanda, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 23 media nasional serta lokal, untuk memverifikasi bermacam-macam informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki data seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan testimoni, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: redaksi. [email protected] com atau [email protected] co. id (*)