Penonton-menyaksikan-proyeksi-potret-Yuri-Gagarin

Cerita Hari Ini: 12 April, Mengenang 60 Tahun Perjalanan Yuri Gagarin ke Sungguh Angkasa

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sejarah keadaan ini membahas perjalanan klasik manusia dalam menjelajah tempat semesta. 60 tahun morat-marit, tepatnya pada 12 April, 1961, pesawat luar udara Vostok 1, Soviet mendatangkan kosmonot Yuri Gagarin menjelma manusia pertama yang berkecukupan di luar angkasa. 12 April juga menjadi keadaan bersejarah bagi Amerika Konsorsium, saat Presiden Franklin D Roosevelt meninggal dunia.

1961: Yuri Gagarin Orang Pertama di Luar Udara

Yuri Gagarin (Foto: AFP)

Dalam penerbangan bersejarah itu, Yuri Alekseyevich Gagarin, seorang pilot penguji pada Angkatan Udara Soviet menjadi manusia pertama yang mengorbit di luar angkasa. Yuri yang saat itu berusia 27 tahun berada pada luar angkasa selama 89 minutes.

Atas pencapaiannya tersebut, Yuri Gagarin mendapat penghargaan paling bergengsi yakni berupa medali “Hero of the Soviet Union”. Bahkan Gagarin dianugerahi penghargaan oleh Presiden RI masa itu, Soekarno yakni Kartika Mahaputra.

Memperingati 60 tahun keberhasilan ini, Rusia menunaikan proses peringatan di Saint Petersbrug, Rusia.

Tidak hanya itu, Pemerintah Rusia juga memberikan tanda mata patung Kosmonot Yuri Gagarin ke pemerintah Indonesia.

Dikutip dari kompas , patung tersebut diletakkan di Taman Mataram, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, mas hadiah patung tersebut di dalam rangka merayakan hubungan bilateral antara Indonesia dan Rusia yang telah mencapai usia 70 tahun. “Ini tanda persahabatan Rusia-Indonesia, ” introduksi Anies.

1912: Lahirnya Sri Sultan Hamengkubuwono IX

Sri Sultan Hamengkubuwono IX di Keraton Yogyakarta, 1971. (Foto: Dok TEMPO/ Tuti Kakiailatu)

Sri Sultan Hamengkubuwono IX merupakan Raja Keraton Yogyakarta periode 1940-1988. Sebelum itu, dirinya juga pernah menjabat sebagai wakil presiden Indonesia tahun 1973-1978. Sri Sultan Hamengkubuwono IX memiliki nama sah Gusti Raden Mas Dorodjatun. Dirinya lahir di Yogyakarta pada 12 April 1912 dan meninggal pada dua Oktober 1988, di Washington DC tepat diusianya dengan ke 73 tahun.

1945: Wafatnya Pemimpin AS Franklin D Roosevelt

Presiden ke-32 GANDAR Franklin D. Roosevelt (Foto: leftcall)

Franklin D Roosevelt merupakan presiden ke-32 Amerika Serikat. Dilanair dari History, Roosevelt meninggal pada leler 63 tahun karena pendarahan pada otaknya. Saat itu Roosevelt, yang masih menjabat sebagai Presiden AS mengeluhkan sakit kepala yang luar biasa. Kemudian dirinya pingsan ditempat peristirahatannya yakni Warm Springs, Georgia. Roosevelt dimakamkan pada Hyde Pak, New York.

Ia menjabat sebagai presiden kurang bertambah selama 12 tahun, dan merupakan satu-satunya Presiden Amerika Serikat yang terpilih 4 kali dalam masa kedudukan dari tahun 1933 mematok 1945. Selama masa jabatannya, Franklin D Roosevelt memimpin krisis ekonomi yang memutar parah dan sebagian Perang Dunia II. (*)