Dandim Cilacap Hadiri Upacara Pembaretan Korps Infanteri Taruna Akmil

Dandim Cilacap Hadiri Upacara Pembaretan Korps Infanteri Taruna Akmil

TIMESINDONESIA, CILACAP – Komandan Kodim 0703 Cilacap (Dandim Cilacap) Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, SE, MTr (Han) menghadiri Upacara Pembaretan Korps Infanteri Siswa Dikcabpaif Taruna Akmil Tingkat IV Tarikh 2020, bertempat di Area 70 Pantai Teluk Penyu Cilacap, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (5/12/2020).

Bertindak selaku Penilik Upacara (Irup) Wadan Pussenif Mayjen TNI A. Daniel Chardin, S. E., M. Si, Komandan Upacara (Danup) Letkol Inf Yusuf Saud T, S. l. p., M. Tr (Han) yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Sadik Pusdikif.

Hadir dalam kegiatan, Gubernur Akmil Mayjen TNI Totok lmam, Danpusdikif Brigjen TNI Tatan Ardianto, Dirdik Akmil Brigjen TNI Yudi Yulisyanto, Dan MBN Tar Akmil Brigjen TNI Windiyatno, Wi Bid Manhar Akmil Brigjen TNI Winarni, para pejabat Direktur Pembinaan (Dirbin) Pussenif.

Tampak hadir, Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, SE, MTr (Han), Danyonif 405/SK Letkol lnf Kresna Santy Dharma, SE, Kapolres Cilacap AKBP Derry Agung Wijaya, SIK, SH, MH, Danden Pomal Cilacap Utama Laut (PM) Wijaya, Kepala Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya serta para tamu undangan lain.

Dalam amanatnya Dan Pussenif Kodiklatad yang dibacakan Wadan Pussenif mengatakan, “Sebagai insan yang beriman dan bertakwa, marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Dengan Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sekalian sehingga pada hari tersebut kita dapat melaksanakan upacara ‘Tradisi Pembaretan Siswa Dikcabpaif Taruna Akmil TK. lV tahun 2020’ di dalam keadaan aman dan lancar. ”

Wadan Pussenif mengutarakan menambahkan, “Baru saja kita ikuti bersama profesi tradisi pembaretan yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perjalanan seorang prajurit infanteri. Berkenaan dengan itu, saya sebagai Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri beserta seluruh keluarga besar Korps Infanteri mengucapkan selamat atas kemampuan yang telah diraih sekaligus mengesahkan penggunaan Baret dan Brevet Yudhawastu Pramuka. ”

Dengan telah disahkan menggunakan baret dan Brevet ini menuntut para prajurit semua untuk senantiasa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan prajurit infanteri sebagai perlengkapan pengabdian kepada Bangsa dan Negeri.

“Tradisi pembaretan & penyematan brevet kualifikasi Yudha wastu Pramuka merupakan suatu pengakuan & penghargaan serta lambang kehormatan bagi prajurit infanteri sebagai Queen Of Battle , Tentara infanteri harus memiliki kemampuan buat bergerak di setiap bentuk daerah pertempuran yang tidak dimiliki oleh prajurit di luar kecabangan Infanteri, ” tegasnya dalam acara yang juga dihadiri Dandim Cilacap. (*)