Desa di Gresik Miliki Ambulans Pengampu Penanganan Covid-19

Desa di Gresik Miliki Ambulans Pengampu Penanganan Covid-19

TIMESINDONESIA, GRESIK – Guna meningkatkan kewaspadaan kepada penularan virus corona, Desa Sekapuk, Kabupaten Gresik, Jawa Timur miliki ambulans khusus penanganan Covid-19. Pemdes menganggarkan untuk pembalian ambulans senilai Rp 219 juta.

Ambulans tersebut berbeda dengan lazimnya, bahkan dilengkapi dengan sinar ultraviolet, kabin terpisah dengan pengemudi ataupun bersekat, jendela kedap serta instrumen filtrasi udara serta dilengkapi handsanitizer, APD lengkap dan tabung oksigen.

Ambulans-standar-penanganan-Covid-2.jpg

“Jadi pembelian ini kami anggarkan dari dana desa tahun 2020. Sesuai intruksi pemerintah pusat agar digunakan untuk pencegahan Covid-19, ” kata Kades Sekapuk, Abdul Halim Rabu (6/5/2020).

Biar belum ada warga yang terpapar Corona, Halim mengatakan, warga di desanya juga berpotensi. Apalagi, provinsi Desa Sekapuk dilewati jalan nasional. Sehingga, pentingnya pengadaan ambulans.

Halim menambahkan, mobil dengan dilengkapi alat medis milik pemdes ini sudah berfasilitas lengkap. Apalagi, Halim mengklaim fasilitas di ambulans tersebut beberapa sudah berstandar pola kesehatan dunia (WHO).

Ambulans-standar-penanganan-Covid-3.jpg

“Mobilnya awak beli baru. Dan dirombak maka ambulans sesuai standar WHO oleh PT Anugerah Karya Indonesia selaku karoseri mobil. Mungkin di Gresik baru ini, ” ungkapnya, menambahkan.

Halim membeberkan, ambulans tersebut dapat membantu mempercepat penanggulangan corona. Bahkan, gugus tugas daerah terus melaksanakan tugas-tugas pencegahan penyebaran pendemi Corona. Ambulans itu pula digunakan untuk patroli malam keadaan dalam rangka pembubaran massa atau masyarakat yang berkumpul dan menyalahi jam malam.

“Jadi, kalau malam kita juga aktif melakukan pembubaran massa yang masih berkerumun dan melanggar jam malam. Ambulans standar Covid-19 Desa Sekapuk Gresik ini kita siagakan 24 jam, ” ungkap dia. (*)