Dormian-Nababan

Efek Kewirausahaan di Kalangan Tingkatan Muda

TIMESINDONESIA, PAMULANG – Perkembangan kewirausahaan semakin mengalami peningkatan saat itu, terutama dalam kalangan generasi muda yang semakin mengembangkan jiwa kewirausahaannya.

Berani dan unggul tak cukup untuk membangun sukma kewirausahaan dalam diri seseorang, tetapi juga harus kaya, memiliki kemampuan berpikir, & masih banyak yang perlu dimiliki oleh seorang wirausaha. Sebelum berkembangnya kewirausahaan saat ini, Indonesia masih menyimpan nilai pengangguran yang cukup tinggi karena tidak adanya lapangan pekerjaan yang terkuak, sehingga menutup kesempatan bagi mereka yang tidak mempunyai pekerjaan.

Penuh yang bergantung pada orangtua, bergantung pada pekerjaan dengan terbilang tidak tetap, & juga tidak hanya berpegang pada lingkungan, masyarakat pula banyak yang berharap memperoleh bantuan dari pemerintah buat membantu dalam perekonomian makin untuk membantu mendanai daya kecil yang ingin mereka mulai dan berharap negeri dapat membuka lapangan pekerjaan.

Berbicara mengenai kewirausahaan, kita masih mampu menemukan salah satu cacat dalam kewirausahaan di Indonesia, kelemahan tersebut dapat mempengaruhi baik buruknya sebuah cara. Satu diantara kelemahan kewirausahaan dalam Indonesia yaitu terletak di dalam titik fokusnya. Berbeda dengan wirausaha di negara lain, wirausaha di luar kampung akan fokus untuk memajukan sebuah usaha sehingga sesudah usaha tersebut berkembang dengan baik atau sukses, itu akan terus fokus buat mengembangkan usaha tersebut sehingga tersebar luas sampai ke negara luar.

Berbeda dengan wirausaha di Indonesia, banyak yang fokus akan menggelar usahanya namun setelah jalan tersebut berkembang baik atau sukses, mereka tidak sedang fokus untuk mengembangkan usahanya. Mereka akan beralih di usaha lain dan serupa berharap mendapatkan kesuksesan dengan sama seperti usaha dengan dikembangkan sebelumnya.

Untuk memulai sebuah jalan tidak selamanya bergantung dalam biaya atau dana yang besar, namun yang memutar utama adalah jiwa kewirausahaan yang dimiliki oleh wirausaha, karena jiwa kewirausahaan hendak semakin baik jika diterapkan dalam diri seorang wirausaha. Jiwa kewirausahaan itulah dengan dimiliki oleh banyak kalangan generasi muda saat tersebut. Semangat dan kreativitas berpunya menjadikan jiwa kewirausahaan semakin maju, semangat itu jugalah yang terutama harus dimiliki oleh setiap jiwa wirausaha.

Banyak kalangan generasi muda saat tersebut yang memulai berbagai jalan dari skala kecil, tetapi mampu mengembangkan idenya dan unggul dalam menjalankan usaha-usaha tersebut. Usaha yang mampu menarik perhatian banyak orang memang tidak mudah, bakal tetapi generasi muda masa ini lebih kreatif pada memulai usaha apa yang akan dimulai. Satu diantara wujud usaha yang dimulai dikalangan generasi muda saat itu adalah coffee shop, dengan menjadi alasan bagi penuh anak muda untuk berhimpun dan mengobrol.

Bentuk usaha seperti coffee shop sangat meningkat di kalangan generasi muda, kejadian ini dikarenakan mengikuti afinitas atau selera banyak orang, teruma bagi anak-anak muda. Salah satu bentuk usaha itu mampu berkembang semakin gembung dan melalui jiwa wirausaha yang dimiliki oleh banyak generasi muda saat ini sangat berpengaruh dalam menyandarkan tingkat pengangguran di Nusantara. Bahkan banyak mereka yang bekerja mampu memiliki imbalan untuk membiayai pedidikan dengan lebih tinggi atau kuliah.

Lewat keterampilan yang dimiliki oleh tingkatan muda saat ini, mereka juga mampu menjadi tamsil yang baik bagi banyak anak muda lainnya, meminta banyak orang untuk tidak perlu takut untuk mengasaskan sebuah usaha, walau dimulai dari skala kecil.

Jiwa kewirausahaan yang dimiliki oleh generasi bujang saat ini juga tak hanya memiliki semangat yang tinggi, namun di balik itu mereka juga berani dalam mengambil resiko, jikalau usaha yang dimulai daripada skala kecil tersebut hendak mengalami kegagalan. Berani mengambil resiko berarti juga telah siap untuk mengalami kerugian.

Akan namun hal itu menjadi susunan paling terakhir, mereka bertambah mengutamakan keberanian dan tetap fokus mengembangkan usaha yang dimulai. Sehingga mereka serupa percaya bahwa usaha mau berjalan dengan baik semasa seorang wirausaha dapat melayani usaha dengan jiwa kewirausahaan yang dimiliki dan tetap tidak merugikan orang asing.

Jiwa muda adalah jiwa kreatif serta mampu memulai sesuatu secara keberanian serta bertanggung pikiran.

***

*)Oleh: Dormian Nababan, Mahasiswi Universitas Pamulang

*) Gubahan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjelma bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia. co. id

*) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4. 000 karakter ataupun sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan bagian telepon yang bisa dihubungi.

*) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected] co. id

*) Redaksi berhak tidak menayangkan pandangan yang dikirim.