KH-Abdul-Malik-Syafaat

Gus Malik Disebut Sebagai Kandidat Kuat Ketua DPC PKB Banyuwangi

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Jelang pergantian Ketua DPC PKB Banyuwangi, Jawa Timur sebanyak nama bermunculan. Salah satu dengan paling menonjol adalah nama KH Abdul Malik Syafaat atau Gus Malik.

Tokoh bujang Nahdlatul Ulama (NU) disebut-sebut jadi kandidat kuat penerus kepemimpinan H Joni Subagyo.

Dikalangan kader PKB Bumi Blambangan, sosok Gus Malik memang sudah benar familiar. Karena putra ke-6, pendiri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Kampung Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, KH Mukhtar Syafaat Abdul Ghofur, ini PKB tulen.

Sejak tarikh 2003, alumni IAIN Sunan Ampel, Surabaya, tersebut telah mengantongi KTA partai besutan Muhaimin Iskandar. Serta pada tahun 2004 – 2009, dia duduk sebagai anggota Fraksi PKB DPRD Banyuwangi. Kala itu adalah era keemasan PKB di kabupaten paling ujung timur tanah Jawa.

Kepada TIMES Indonesia, Gus Malik optimis PKB bisa kembali menjadi partai pemimpin di Banyuwangi. Keyakinan tersebut serupa sangat masuk akal. Pertama, DPC PKB Banyuwangi memiliki sederetan arsitek yang memiliki kedekatan dengan kalangan Wong Cilik. Kedua, Banyuwangi merupakan basis NU. Yang mayoritas adalah pendukung dan simpatisan militant PKB.

“Saya sangat yakin PKB bisa kembali menjadi pemimpin, pemimpin di DPRD Banyuwangi. Karena potensi di keluarga besar PKB sangat luar biasa, ” logat Gus Malik, Jumat (29/1/2021).

Berbekal pengalaman, dia mengiakan akan tampil menjadi salah kepala calon Ketua DPC PKB Banyuwangi.

“Saya siap memimpin. Dan saya optimis bisa memimpin PKB untuk kembali menjadi pemenang. Demi mensejahterakan masyarakat Banyuwangi. PKB milik kita bersama, harus kita besarkan bersama, ” ungkapnya.

Sekedar diketahui, keluarga tumbuh Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Kampung Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, menyimpan barisan pejuang PKB. Bahkan had saat ini beberapa nama bagian keluarga menjadi parlemen partai dengan Ketua Umum Cak Imin tersebut. Diantaranya, Kh Ahmad Munib Syafaat, di Fraksi PKB DPRD Banyuwangi dan Nihayatul Wafiroh, di Bagian PKB DPR RI. Dengan kata lain, mereka memiliki kontribusi luhur dalam mengharumkan nama PKB. (*)