Pelantikan-Bupati-dan-Wakil-Bupati-Blitar

Ibu Rini Sah Dilantik Menjelma Bupati Blitar Perempuan Prima

TIMESINDONESIA, BLITAR – Pasangan Bupati terpilih Rini Syarifah- Rahmat Santoso resmi dilantik oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah pada Gedung Grahadi Surabaya, Jumat (26/2/2021). Mak Rini merupakan Bupati Blitar Perempuan Mula-mula dalam sejarah kepemimpinan Pemkab Blitar.

Jejeran Forkopimda Kabupaten Blitar, PJ Sekda dan sejumlah kepala OPD Pemkab Blitar mengikuti prosesi pelantikan secara Virtual di Pendopo Ronggo Hadinegoro Kabupaten Blitar.

Pasangan yang akrab dikenal Mak Rini dan Uwak Rahmat tersebut menang Pilbup Blitar 2020 setelah ulung perolehan suara dari pasangan Petahana Rijanto- Marhenis.

Dalam Pilbup Blitar, Mak Rini berhasil mendapatkan perolehan suara sebanyak 365. 365 atau sebesar 58, 84 persen. Sementara rivalnya yaitu Rijanto-Marhenis yang notabene adalah petahana mendapatkan 255. 604 dukungan atau sejumlah 41, 16 persen.

Foto: Humas Pemprov Jatim

“Alhamdulillah keadaan ini telah dilaksanakan pelantikan Bupati Blitar pada bagian yang kedua, ” cakap Pj Sekda Kabupaten Blitar, Mujianto.

Mujianto mengatakan, pada kesempatan itu, Gubernur Jatim juga melantik Ketua PKK dan Kepala Dewan Kerajinan Nasional Wilayah (DEKRANASDA) Kabupaten Blitar secara luring.

“Kemudian yang lain (Forkopimda) mendaftarkan di daerah masing tercatat Kabupaten Blitar, ” tambahnya.

Untuk data, Mak Rini adalah salah satu putri dari KH Musa Ismail, tokoh politikus yang selalu merupakan pendiri PKB pada Blitar. KH Musa Ismail Aktivis di Pondok Pesulukan Thoriqoh Agung (PETA )Tulungagung.

Mak Rini merupakan junior di dunia politik. Rani kelahiran 1977 itu sebelumnya lebih banyak berkecimpung jadi pengusaha buku dan konveksi.

Sementara pendampingnya yakni, Rahmat Santoso berlatar belakang sebagai praktisi lembaga. Ia merupakan Ketua Ijmal IPHI (Ikatan Penasehat Kaidah Indonesia). Ia disebut pula sebagai santri Ponpes PETA Tulungagung,

Kemenangan Pasangan Mak Rini- Kebaikan Santoso sempat menarik mengindahkan publik tanah air. Makin mengejutkan beberapa pihak di negeri, terutama PDI Perjuangan sebagai partai pengusung Petahana Rijanto-Marhaenis.

Situasi itu karena Pasangan Mak Rini- Makde Rahmat yang diusung koalisi tiga partai yaitu PKB, PAN serta PKS dapat mengalahkan Paslon petahana yang diusung sebab koalisi besar yakni PDI Perjuangan, PPP, Nasdem, Demokrat, Gerindra dan Golkar. (*)