Itu Cara Tepat Membersihkan dan Merawat Barang Berbahan Kulit

Itu Cara Tepat Membersihkan dan Merawat Barang Berbahan Kulit

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kulit merupakan salah satu macam bahan yang berharga relatif garib dan terkesan mewah. Tak salah bila barang atau produk berbahan kulit juga perlu dibersihkan dan dirawat dengan hati-hati.

Semua benda berbahan kulit dapat dibersihkan dengan cara yang serupa. Namun, akan lebih baik bila barang yang cukup mahal dan berukuran agak besar seperti jaket atau celana kulit dibersihkan oleh tenaga profesional. Benda-benda yang berukuran lebih kecil dapat dibersihkan tunggal di rumah.

Dilansir dari republika, langkah penting mula-mula yang perlu dilakukan adalah menuruti produk pembersih yang benar. Sabun yang ringan merupakan pilihan paling tepat untuk membersihkan benda berbahan kulit.

Hal istimewa lain dalam membersihkan benda berbahan kulit adalah memastikan produk pembersih cocok untuk bahan kulit yang akan dibersihkan. Untuk mengetahui sesuai atau tidaknya produk pembersih, cobakan terlebih dahulu produk pembersih di bagian bahan kulit yang tersembunyi. Bila warna bahan kulit terlihat memudar atau luntur, segera hentikan proses pembersihan.

Tetapi, bila produk pembersih cocok, lakukan metode pembersihan yang tepat. Cucurkan sabun atau cairan pembersih indra peraba ke tisu dapur yang lembab (damp paper towel). Setelah tersebut, usap permukaan bahan kulit dengan lembut.

Biarkan benda berbahan kulit itu selama kira-kira detik. Setelah itu, lap semesta permukaan kulit hingga bersih. Keringkan, namun jauhi dari paparan cahaya matahari atau panas langsung. Gunakan pelembap kondisioner bahan kulit masa saat proses pembersihan menggunakan sabun.

Terkait perawatan, ada baiknya benda berbahan kulit dibersihkan dan dirawat secara rutin. Pengaplikasian pelindung bahan kulit sebaiknya dikerjakan tiga bulan sekali atau lebih sering.

Perlu diingat, air dapat mengubah bahan indra peraba secara drastis. Kesalahan terbesar pada merawat benda berbahan kulit, khususnya pakaian, adalah membuatnya menjadi sungguh-sungguh basah dan menggosok pakaian terlalu keras. (*)