Pohon-aren-genyah

Itu Segudang Manfaat Budidaya Pokok kayu Aren di Ciamis

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Penanaman pohon aren tentu memberikan banyak manfaat. Salah satunya, bisa menghasilkan gula enau dari air niranya. Ada dua jenis pohon enau di Kabupaten Ciamis yang bisa disemaikan untuk memanifestasikan gula aren tersebut.

“Ada jenis pohon aren yang tinggi, lazimnya ini berada di bukit. Lalu, ada jenis pokok kayu aren genyah atau pokok kayu aren yang pendek, kalau ini di daerah perkampungan juga ada, ” terang Ujang Uus, petani penanaman pohon aren di Ciamis, Jumat (19/3/2021).

Jika pohon aren genyah sudah berusia sembilan tarikh, maka air niranya segar bisa diambil untuk dijadikan gula aren. Sedangkan, pohon aren besar yang ada di gunung butuh zaman 11 hingga 12 tahun untuk bisa diambil minuman niranya.

“Memang lama untuk menyemaikan pohon aren hingga sebesar institusi orang dewasa. Sekitar butuh waktu 2, 5 tahun. Namun, bisa dipercepat pakai pupuk alami, ” terangnya.

Ujang Uus juga telah membudidayakan dua jenis pokok kayu aren tersebut hingga menghasilkan gula aren. Tepatnya, di Dusun Ciawitali, Desa Padamulya, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis.

“Saat itu saya terkendala permodalan. Kalau ada yang mau beroperasi sama, saya terbuka. Beta jamin, pohon aren beta berkualitas, kalau perlu jenis pohon hutan lain serupa saya mampu menyemaikannya, ” tuturnya.

Bujang Uus juga siap membagikan ilmunya, jika ada dengan datang untuk belajar budidaya pohon aren. “Siapa saja yang mau, saya bakal ajarkan bagaimana menyemaikan pohon aren, ” tambah petani budidaya pohon aren di Kabupaten Ciamis ini. (*)