Kabar Gembira, Alat Tes Covid-19 GeNose C19 Temuan Peneliti UGM Sanggup Izin Edar

Kabar Gembira, Alat Tes Covid-19 GeNose C19 Temuan Peneliti UGM Sanggup Izin Edar

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Civitas akademika Universitas Gadjah Mada (UGM) patut berbangga. Pokok, alat tes Covid-19 bernama GeNose C19 yang dirancang peneliti UGM telah mengantongi izin edar daripada pemerintah, Kamis (24/12/2020). Harganya pula tergolong murah yaitu antara Rp 15 hingga Rp 25 seperseribu per tes. Peneliti mengklaim, makna tes lebih murah dibandingkan media tes lainnya.

“Selain murah, hasil tes juga cepat yaitu sekitar 2 menit. Instrumen ini juga tidak memerlukan reagen atau bahan kimia lainnya, ” kata Ketua tim pengembang GeNose dari UGM, Prof Kuwat Triyana dalam siaran pers kepada TIMES Indonesia, Minggu (27/12/2020).

Alat-Tes-Covid-19-GeNose-C19-v2.jpg

Setelah menyabet izin edar, tim peneliti UGM akan menyerahkan GeNose C19 yang telah diproduksi secara masa pada pendana yaitu Badan Intelejen Negara (BIN) dan Kemenristek. Selanjutnya, cara tersebut didistribusikan sesuai kebutuhan.

“Alat GeNose C19 menunjukkan tingkat akurasi 97 persen dalam RS Jogja, ” kata Gajah Riset dan Teknologi (Menristek) atau Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro.

Cara kerja alat GeNose C19 temuan peneliti UGM tersebut cukup sederhana. Yakni, melalui hembusan napas yang kemudian dianalisa oleh Artificial intelligence (AI). Hasil deteksi yang dikeluarkan oleh GeNose diklaim konsisten secara hasil dari deteksi dengan sistem swab PCR. (*)