Bunga-Bangkai

Kembang Bangkai Tumbuh di Pekarangan Sendi, Warga Pagaralam Ini Takjub

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Damran (50), warga Tanjung Pasai, Kelurahan Luntur Tinggi, Kecamatan Dempo Utara, Praja Pagaralam, tak menyangka jika sekuntum bunga bangkai akan tumbuh di pekarangan rumahnya. Keberadaan bunga tersebut sontak menjadi perhatian warga dengan ingin melihat langsung bunga jarang tersebut.

Menurut Damran, keberadaan bunga tersebut diketahuinya sekitar tiga hari yang lalu. Zaman itu, dirinya mencium aroma bengis menyerupai bau bangkai hewan. Tetapi, setelah ditelusuri ternyata bau tersebut berasal dari sebuah bunga. Zaman ini, bunga tersebut belum mekar dan memiliki ketinggian sekitar 40 cm.

“Saya juga tidak tahu kok bisa kembang (bangkai) ini tumbuh di pekarangan rumah saya, ” katanya, Sabtu (16/01/2021.

Bunga Bangkai a Damran (50), warga Tanjung Pasai, Kelurahan Rebah Tinggi, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagaralam yang pekarangannya di tumbuhi bunga loakan (Foto: Novrico/TIMES Indonesia)

Akan tetapi, sebutan Damran, meski tidak mengetahui benar jenis bunga bangkai tersebut. Kembang ini awalnya hanya berukuran kecil. “Bunga ini tumbuh mulanya mungil, setelah jarak tiga hari kembang ini tumbuh besar dan mekar, ” katanya.

Diperkirakan bunga bangkai yang tumbuh pada pekarangan rumah Damran baru mekar Jumat kemarin.

Bakal tetapi, menurutnya, bunga bangkai dengan pertama tumbuh di desanya ini ukuran memiliki tinggi sekitar 50 cm, serta berdiameter sekitar 50 cm saat mekar. Damran mengucapkan, musim hujan yang saat itu melanda Pagaralam dinilai berpengaruh terhadap kesuburan bunga bangkai tersebut.

Bunga Bangkai b

“Mungkin karena musim hujan jadi bunganya terlihat subur, tapi tidak ada perlakuan khusus pada bunga tersebut, ” katanya.

Adam yang sehari-hari bekerja sebagai petani kopi ini di Pagaralam ini pun mengaku senang dengan kehadiran bunga bangkai tersebut. Selain karena bunga itu langka, rumahnya kini selalu ramai dikunjungi warga yang ingin melihat. (*)