keripik

Keripik Pelepah Pisang ‘The Bog’, si Pendatang Baru Lebaran di Banyuwangi

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Keripik The Bog. Si perantau baru yang mulai dilirik pada lebaran tahun 2021 ini di Banyuwangi. Jajanan nyeleneh dari pelepah banana ini rupanya memiliki menemui gurih dan tak tersisih nikmat dari keripik yang dijual di salah satu super market loh.

The Bog sendiri merupakan adopsi sebutan tulang daun pisang dalam bahasa Jawa ‘gedebog’ atau ‘ debog ‘. Saat ini nama itu semakin beken dimata masyarakat Banyuwangi, akhir-akhir ini gedebog diolah menjadi jajanan gurih terutama era momen lebaran 2021.

Debog sendiri diolah menjadi keripik yang memiliki fikrah rasa khas dengan beragam rasa gurih dan tentunya membuat doyan lidah siapapun yang mencobanya.

Ide cerdik ini berawal dari Mita Aransa, seorang ibu keluarga beralamat di Dusun Cendana, Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi. Maklum Kabupaten Banyuwangi juga memiliki julukan kota pisang, jadi untuk mewujudkan idenya, Mita memilih batang pohon pisang jadi sasaran bahan yang mau ditawarkannya.

“Awalnya kami terinspirasi kota Banyuwangi yang disebut kota pisang, makanya ingin rasanya beta mencoba debognya sebagai bahan buat camilan, kalau pisangnya kan sudah banyak, ” ujar Mita kepada TIMES Indonesia.

Sejak beberapa tahun terakhir keripik the bog sangat perangai di pasaran, tak hanya di Banyuwangi. Pasarnya juga menjamah hingga lintas pulau Jawa. Di momen lebaran 2021 ini, pesanannya sanggup menyaingi sejumlah kue & hidangan yang sudah sering dipesan orang. Ini anugerah keunikan dan rasa dibanding olahan batang pohon pisang seperti tak ditemui pada makanan lainnya.

“Sudah beberapa tahun saya buatan keripik debog, menjelang lebaran ini luar biasa pasarnya, bahkan toko online saya setiap harinya ramai, ” kata Mita.

Kabar baiknya, harga keripik The Bog ini betul bersahabat, yakni Rp. 70 ribu per kilo, & sudah bisa memilih menemui sesuai selera. Diantaranya balado, pedas, ayam bawang, mematok yang original juga ada. Keripik dari pelepah banana ini bisa menjadi salah satu alternatif jajanan dengan menghiasi ruang tamu selama lebaran nanti. (*)