KKN-Mahasiswa-Unitomo

KKN Mahasiswa Unitomo, Implementasikan Bebagai Program Tematik Bencana

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Mahasiswa Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) tengah mengimplemantasikan KKN Tematik Bencana Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021.

Dalam KKN yang diselenggarakan di desa-desa di Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo itu juga dikunjungi oleh Wakil Rektor I, Amirul Mustofa bersama Pengantara Rektor III, Sucipto mengikuti Wakil Rektor IV, Nur Sayidah.

Ketua Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM), Fadjar Kurnia Hartati, mengatakan kegiatan KKN zaman ini dirancang secara door to door untuk asesmen warga dalam pendataan efek bencana.

KKN-Mahasiswa-Unitomo-2.jpg

Hal tersebut kata Fajar untuk menghindari kerumunan serta tetap menerapkan protokol kesehatan tubuh ketat

“Sebagaimana KKN tematik kebencanaan dengan kami usung, kami mengedukasikan seputar kebencaan mulai dibanding tingkat terkecil yakni kaum dasa wisma di desa”, ungkap Doktor Bidang Ketahanan Pangan ini melalui terbit yang diterima TIMES Nusantara, Minggu (20/6/2021).

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Amirul Mustofa mengatakan program tematik bencana yang bersinergi secara Badan Penanggulangan Bencana Kawasan (BPBD) Sidoarjo memberi kebaikan positif ke masyarakat desa. Amirul berharap Program KKN Tematik Bencana bisa diimplementasikan dengan baik ke klub.

KKN-Mahasiswa-Unitomo-3.jpg

“Ini artinya, KKN kali ini memberikan kenang-kenangan ke masyarakat berupa edukasi kebencanaan, ini tentu bakal membuat masyarakat menjadi melalaikan bencana, ” ujarnya.

Sementara, Kepala Daerah Banjar Panji, Mutma’inah mengucapkan hadirnya mahasiswa KKN memberi nuansa akademis bagi awak dalam memahami bencana, khususnya banjir yang sering berlaku di desa akibat ekspresi dari beberapa sungai dalam sekitar desa.

Pihaknya pun mengapresiasi mahasiswa KKN Unitomo, yang itu kompak dan tepat waktu dalam berkoordinasi.

“Kami mengharapkan, papan data kelompok rentan sebagai salah satu program kerja mahasiswa KKN Unitomo bisa menjelma acuan bagi warga kira-kira agar bergotong royong & tangguh menghadapi bencana, ” terangnya. (*)