KPU Indramayu Pastikan Debat Kandidat Lestari Berjalan Meski Daniel Mutaqien Meyakinkan Covid-19

KPU Indramayu Pastikan Debat Kandidat Lestari Berjalan Meski Daniel Mutaqien Meyakinkan Covid-19

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Meski Calon Bupati Indramayu Daniel Mutaqien Syafiuddin terkonfirmasi positif Covid-19, Komisi Penetapan Umum Kabupaten Indramayu (KPU Indramayu) memastikan debat kandidat Pilbup Indramayu 2020 akan tetap dilaksanakan.

Debat kandidat akan dilaksanakan pada Minggu (22/11/2020) malam tersebut, yang disiarkan secara live di studio salah satu stasiun TV lokal di Cirebon.

Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni menyampaikan, meskipun belum ada surat pemberitahuan resmi ke KPU, tapi konfirmasi terkait lengah satu Calon Bupati yang membangun Covid-19 sudah masuk.

“Mungkin hari ini surat mutakhir masuk ke KPU hasil penjagaan dokternya. Kalau memang positif, debat tetap kita laksanakan, ” jelasnya, Minggu (22/11/2020).

Fatoni menjelaskan, semua pasangan calon dasar wajib mengikuti debat kandidat dengan diselenggarakan oleh KPU. Namun, bersandarkan PKPU Nomor 11 Tahun 2020, pasangan calon yang boleh tidak mengikuti pelaksanaan debat kandidat cuma ada dua kriteria. Yakni pasangan calon yang sedang melaksanakan ibadah (haji dan umrah), dan paslon yang berhalangan karena alasan kesehatan tubuh (Covid-19).

Karena itu, lanjut Fatoni, KPU Kabupaten Indramayu akan memfasilitasi pasangan calon yang berhalangan hadir mengikuti debat kandidat, dengan menyediakan webinar. Sehingga, paslon tersebut tetap bisa mengikuti pengoperasian debat walau secara virtual.

“KPU kemungkinan akan menyediakan webinar bagi paslon yang hari ini positif Covid-19, apalagi kudu karantina di rumah sakit, ” jelasnya.

Fatoni berniat, masyarakat tetap bisa menyaksikan pemaparan dari paslon yang bersangkutan, sebagai referensi mengenal lebih jauh program serta visi misi para calon. Sehingga, masyarakat semakin yakin di menyalurkan hak pilihnya pada hari pelaksanaan nanti pada 9 Desember 2020.

Seperti dengan sudah diberitakan sebelumnya, Calon Tumenggung nomor urut 03 dari Golongan Golkar, Daniel Muttaqien Syafiuddin, terkonfirmasi positif Covid-19 pada Sabtu (21/11/2020) malam. Dia pun langsung melaksanakan karantina di RSUD Indramayu.

Kabar konfirmasi positif itu berasal dari video yang direkam oleh Daniel Muttaqien saat sedangkan menjalani karantina di RSUD Indramayu. Dengan mengenakan pakaian kuning, dia mengonfirmasj jika dirinya positif Covid-19.

“Saya konfirmasikan jika saya terkonfirmasi positif Covid-19, ” jelasnya dalam video tersebut.

Meskipun begitu, Daniel langgeng meminta agar para relawan dan simpatisan tetap mengawal jalannya Pilkada Indramayu dan memastikan kemenangan Bagian Calon Bupati dan Wakil Tumenggung nomor urut 03, Daniel Muttaqien dan Taufik Hidayat.

Dirinya pun berpesan agar jangan membiarkan hal-hal di luar teknis ini menjadi kendala yang bisa menurunkan semangat para relawan dan simpatisan tim pemenangan Paslon berslogan Mantap ini.

“Insya Allah saya baik-baik saja dan saya tetap semangat menjaga kesehatan dan segera sembuh dari Corona, ” ungkapnya.

Tatkala menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, membenarkan Daniel Mutaqien Syafiuddin terpapar virus Corona. Dari hasil tracking, Daniel positif Covid-19 dari buatan transmisi lokal. “Benar. Karena gigi lokal, ” ujarnya. (*)