Agus-Harimurti-Yudhoyono

Mahfud MD: Pemerintah Masih Menghargai AHY Ketum Partai Demokrat yang Sah

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum serta Keamanan (MenkoPolhukam), Mahfud MD mengatakan, pemerintahan masih melegalkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jadi Ketua Umum Partai Demokrat yang sah.

Respon itu dikatakan setelah adanya Kongres Luar Normal (KLB) yang digelar di Deli Serdang, Sumatera Utara, serta menunjuk Moeldoko sebagai Ketum Partai Demokrat tandingan.

“Pengurusnya (Demokrat) yang resmi di kantor negeri adalah AHY, putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ” kata mantan Ketua MK itu dalam keterangan gambar, Sabtu (6/3/2021).

Diketahui, hingga saat tersebut, dari hasil KLB tersebut, belum diserahkan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), buat dimintai surat pengesahan. Sebab karena itu kata Mahfud, pemerintah sendiri belum bisa menentukan sikap atas KLB tersebut.

“Pemerintah akan memperhitungkan ini sah, ini tidak sah. Pemerintah berpedoman dalam aturan-aturan, ” jelasnya.

Sebelumnya, Ketum Kelompok Demokrat, AHY sendiri telah meminta Presiden RI Jokowi dan Menkumham Yasona Laoly untuk tak mengeluarkan tulisan pengesahan hasil KLB pada yang resmi mengukuhkan Moeldoko sebagai Ketum periode 2021-2025. Hal itu dikarenakan, KLB tersebut adalah abal-abal & menyalahi aturan yang benar. (*)