Memahami Bunga Rafflesia, Bunga Raksasa yang Ada di Sumatera

Memahami Bunga Rafflesia, Bunga Raksasa yang Ada di Sumatera

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tentunya kita pernah mendengan bunga Rafflesia arnoldii. Bunga ini dinyatakan sebagai bunga endemik di Pulau Sumatera.

Bunga itu berukuran besar, diameterya mencapai 70-110 cm dengan tinggi sekitar 50 cm. Rafflesia punya 5 mahkota bunga. Sedangkan pertumbuhannya sekitar 9 bulan. Namun ia akan berdiam mekar hanya sekitar 5-7 keadaan saja.

Rafflesia sendiri sebenarnya tumbuhan parasit. Ia menjemput nutrisi makanan dari induk semangnya.

Berdasarkan beberapa literasi, bunga rafflesia ditemukan pertama kali pada tahun 1818 oleh Dr. Joseph Arnold. Saat itu Dr Arnold tengah mengikuti ekspesidi Tanah Sumatera yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles. Nah dari besar penemu itulah bunga cantik itu dinamakan Rafflesia arnoldii.

Bunga rafflesia punya aroma yang busuk. Meski demikian, bunga tersebut berbeda dengan bunga bangkai. Bunga bangkai adalah Amorphpophallus titanium (Titan Arum). Sedangkan Rafflesia arnoldii merupakan macam Rafflesia terbesar, bahkan memegang rekor sebagai bunga terbesar di dunia yang tumbuh endemik di Sumatera, Indonesia.

Ingin tahu kecantikan bunga Rafflesia arnoldii? Kamu dapat mengunjungi di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Was-was Pelatihan Gajah (PLG) Seblat pada Kabupaten Bengkulu Utara, dan Padang Guci Kabupaten Kaur. TNBBS pada Lampung telah ditetapkan sebagai pusat konservasi bunga raksasa ini. (*)