Mencicipi Nasi Bakar Kelapa Kopyor Istimewa Pati, Awas Ketagihan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Siapa bilang kelapa kopyor hanya bisa dibuat es. Di Dsa Ngagel, Kecamatan Dukuseti, Pati Jawa Tengah ada terbengkalai bakar kelapa kopyor .

Diketahui, Desa Ngagel Kecamatan Dukuhseti, Pati memang pencetus kelapa kopyor. Kelapa kopyor sejak desa ini terkenal yang unggul dan memiliki rasa yang sangat lezat.

Karena itu Laila Hikmatus, warga Desa Ngagel berinovasi membuat nasi bakar kelapa kopyor.

Laila mendedahkan cara membuat nasi bakar kelapa kopyor. Awalnya kelapa kopyor dikupas pada salah satu ujungnya. Kemudian, dimasukkan beras seukuran gelas mungil.

“Yang terpenting minuman kelapa jangan dibuang. Karena cairan kelapa inilah yang akan mengganti rasa menjadi sensasi yang betul istimewa, ” ujarnya seperti dikutip dari patinews.

Tidak hanya beras, agar rasa lebih mantul, ditambahkan bumbu tumis, yang terdiri dari cabai merah, hati merah, bawang putih, lengkuas serta daun salam. Sebagai isian lainnya ditambahkan pula daging, ikan asin, dan telur yang dipotong mungil.

Setelah semua bahan masuk dalam kelapa, lalu dibakar di atas tungku.

Saat kulit kelapa sudah berangkat membara karena terbakar api serta berwarna kehitaman, nasi bakar kelapa kopyor dipastikan sudah matang serta siap disajikan. Rasanya? gurih, sengit dan pastinya bikin ketagihan. (*)