Listyo-Sigit-Prabowo-3

Meniadakan Lonjakan Covid-19 di Bangkalan, Kapolri: Maksimalkan 3T

TIMESINDONESIA, BANGKALAN – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Menteri Kesehatan tubuh Budi Gunadi kembali memeriksa perkembangan penanganan lonjakan Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, Madura, Sabtu (19/6/2021).

“Testing, tracing dan treatment atau 3T harus dimaksimalkan untuk menyelamatkan warga sebab risiko penyebaran virus corona, ” kata Sigit.

Langkah 3T, sendat mantan Bareskrim Polri ini, dapat menjaga dan menyelamatkan masyarakat dari penularan Covid-19. Sebab, adanya kasus tentu atau tidak mampu terdeteksi sejak dini dan bisa langsung dilakukan penanganan medis.

“Forkompimda Bangkalan harus bergerak cepat melayani 3T, ” tegasnya.

Dalam samping itu, sambung Sigit, memakai masker, mencuci lengah pakai sabun dan air mengalir, nenjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi maupun interaksi juga harus dioptimalkan.

“Dengan percepatan temuan kasus relasi erat ataupun aktif, oleh sebab itu keselamatan warga dari mengerikan virus corona dapat lekas dihindari, ” imbuhnya.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta kepada seluruh pihak terpaut untuk memperkuat pelacakan kepada kontak erat maupun kasus aktif demi memutus ceroboh rantai virus corona.

“Tugas posko PPKM Mikro ditingkat desa berbasis rt/rw adalah pelacakan kontak erat, pengawasan ketat isolasi mandiri, menutup tempat umum, melarang kerumunan, membatasi keluar masun rt/rw, dan pencatatan harian, ” terangnya.

Sedangkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi mengimbau kepada kelompok untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dan melakukan vaksin.

“Untuk memgurangi laju penularan, masyarakat kudu tetap pakai masker, lalu 14 hari ke aliran tinggal di rumah & jangan takut di tes swab maupun divaksin, ” ujarnya di sela meninjau vaksinasi di Stadion Gelora Bangkalan bersama Kapolri Jenderal PolListyo Sigit Prabowo, Pemimpin TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (*)