Menko PMK: Kampung Tangguh Contoh Revolusi Mental

Menko PMK: Kampung Tangguh Contoh Revolusi Mental

TIMESINDONESIA, MALANG – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Pribadi dan Kebudayaan Republik Indonesia ataupun Menko PMK Muhadjir Effendy menyatakan Kampung Tangguh yang diinisiasi sebab Malang, Jatim ini merupakan tamsil manifestasi dari revolusi mental.

Hal tersebut disampaikan Muhadjir saat meninjau langsung Kampung Melalaikan Mandiri yang berada di RW 5, Kelurahan Purwantoro, Blimbing, Tanah air Malang, Rabu (3/6/2020).

Ia menghargai semangat gotong-royong yang ditunjukkan warga tersebut telah mencerminkan upaya dalam menjalankan gerakan nasional revolusi mental.

“Tadi saya menentang di sini ada mlijo gratis atau pasar gratis. Masyarakat siapa saja yang membutuhkan bisa jiplak beras di sini, yang bisa juga bisa ikut menyumbang. Hamba kira inilah bentuk revolusi mental yang bisa kita jadikan perumpamaan, ” ujarnya.

Apalagi tidak hanya itu, Muhadjir serupa sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan warga Purwantoro, Kota Malang pada menyiapkan rumah isolasi bagi ODP/PDP/pun masyarakat yang disinyalir terinfeksi Covid-19.

“Sudah tepat, rumah isolasinya jangan bagus-bagus. Kalau terlalu bagus, malah kerasan di sana, ” prawacana Muhadjir disambut tawa rombongan.

Kampung Tangguh itu pula punya tim terlatih untuk pemulasaraan jenazah Covid-19. Muhadjir menyaksikan peragaan penanganan jenazah Covid-19. Jenazah perdana dimasukkan plastik dari arah kepala, lalu dikafani, dan dilapis plastik lagi.

Selain meninjau langsung Kampung Tangguh di Praja Malang, Menko PMK yang pula mantan Rektor UMM ini serupa melakukan peninjauan ke Kantor PT Pos Indonesia di guna meyakinkan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk wilayah sekitar. (*)