Sugirah

Operasi Ketupat Semeru, Ini Tormento Titik Penyekatan di Banyuwangi

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Operasi Ketupat Semeru 2021, siap digelar di wilayah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sedikitnya, 1000 personel gabungan disiagakan menjaga 1 titik penyekatan di Bumi Blambangan.

“Demi menciptakan suasana kondusif, tenang dan tertib, dibulan Ramadhan hingga lebaran Idul Fitri, ditengah pandemi Covid-19, ” ucap Wakil Bupati Banyuwangi, H Sugirah saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021, dalam halaman Mapolresta Banyuwangi, Rabu (5/5/2021).

Operasi Ketupat Semeru 2021, sekaligus penerapan larangan mudik, akan dimulai pada 6-17 Mei 2021. Dalam pelaksanaan, 1000 personel gabungan akan menjaga keras 5 titik penyekatan matan de 15 titik pos pantau di seluruh wilayah Banyuwangi.

Adapun 5 titik penyekatan berada di Pelabuhan ASDP Ketapang, Pelabuhan Tanjung Wangi, Perbatasan Situbondo-Banyuwangi di Kecamatan Wongsorejo, Perbatasan Jember-Banyuwangi pada Kecamatan Kalibaru, dan Perbatasan Bondowoso-Banyuwangi di Kecamatan Licin.

Sedangkan 40ft titik pos pantau dibagi menjadi tiga kategori diantaranya Pos Pelayanan, Pos Pemantauan dan check point. Tuk check point sendiri sebatas diterapkan di Pos inspect point Kalipuro. Sedangkan sebagai Pos Pemantauan ditempatkan dalam Banyuwangi Kota, Rogojampi, Genteng, Gambiran, dan Cluring.

“Dengan Operasi Ketupat Semeru 2021, diharapkan masyarakat boleh menyambut dan merayakan lebaran dengan aman dan anteng, ” cetus Pakde Sugirah, sapaan akrab Wakil Bupati Banyuwangi.

Sementara itu, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin menjelaskan bahwa sejumlah pos tersebut bertugas mengecek kendaraan maupun orang yang bakal masuk ke wilayah Kabupaten Banyuwangi. Sekaligus pemeriksaan Protokol Kesehatan.

“Kita juga akan melakukan antisipasi pada sejumlah jalur jalan pintas atau jalan tikus dimana mungkin digunakan para pemudik, ” katanya.

Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021, dihalaman Polresta Banyuwangi, diikuti dari perwakilan TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP serta instansi lainnya. (*)