PCNU dan Forkopimda Kabupaten Malang Menggelar Peringatan Hari Santri Nasional 2020

TIMESINDONESIA, MALANG – Peringatan Hari Santri Nasional 2020 digelar PCNU kabupaten Malang dan Forkopimda Kabupaten Malang dipusatkan Pendapa Agung Kabupaten Malang, Kamis, (22/10/2020).

Hadir dalam kesempatan itu Pjs Bupati Malang Sjaichul Ghulam, Kapolres Malang AKBP Hendri Umar, Kepala MUI Kabupaten Malang, KH Fadhol Hija dan Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr H Umar Usman.

Sedangkan dalam pelaksanaan Peringatan Hari Santri Nasional 2020 dilakukan PCNU kabupaten Malang serta Pemkab Malang menerapkan protokol kesehatan dan menggunakan media daring.

Dalam sambutannya, Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr H Umar Usman menjelaskan tentang fatwa & resolusi jihad yang melatarbelakangi lahirnya dan terbentuknya Hari Santri Nasional.

“Hari Santri Nasional, diresmikan melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri. Peringatan ini dilaksanakan setiap tanggal 22 Oktober merujuk di Fatwa dan Resolusi Jihad KH Muhammad Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945 ketika berupaya membengkil menghalau penjajahan kembali oleh Belanda, ” ujarnya.

Pada peristiwa tersebut, kata dia, para-para laskar dan pejuang santri berlaku besar dalam mempertahankan proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Maka lahirlah pergerakan dari berbagai wilayah untuk melawan penjajah. Sehingga, mendapat pengakuan dari berbagai negara lainnya, ” terangnya.

Mengingat Hari Santri Nasional 2020 kesempatan ini mengambil tema Santri Sehat Nusantara Kuat. “Sesuai dengan situasi Pandemi seperti sekarang, dibutuhkan santri yang Sehat untuk mewujudkan Indonesia Kuat, ” terangnya.

Umar berharap pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Sementara itu, Pjs Tumenggung Malang Sjaichul Ghulam menyampaikan selamat Hari Santri Nasional 2020.

“Semoga momentum bersejarah tersebut menjadi pemicu pondok, pesantren, santri dan para ulama untuk terus berkontribusi terhadap pembangunan di Kabupaten Malang dan sekaligus bangsa Nusantara, ” terangnya.

Diharapkan melalui Peringatan Hari Santri Nasional mengambil tema Santri Sehat Indonesia Kuat dapat semakin menyehatkan kerabat dan Indonesia.

“Melalui Peringatan Hari Santri Nasional kesempatan ini semoga kita semua diberikan segar dan mampu melewati Pandemi virus Covid-19, ” harapnya.

Dalam Peringatan Hari Santri Nasional 2020 yang digelar PCNU kabupaten Malang dan Forkopimda Kabupaten Sebal ini, Kapolres Malang AKBP Hendri Umar berkesempatan membacakan deklarasi Pernyataan Jihad. (*)