Polres Cilacap Amankan Pelaku Kekerasan Kepada Anak

Polres Cilacap Amankan Pelaku Kekerasan Kepada Anak

TIMESINDONESIA, CILACAP – Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Cilacap mengamankan 5 pelaku tindak kekeradan terhadap anak yang terjadi di Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Daksina, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Ungkap perkara kasus tersebut digelar di Lapangan Sarja Arya Racana, Mapolres Cilacap, Kamis (7/1/2020).

Kapolres Cilacap AKBP Dery Agung Wijaya mengatakan, di Senin (28/12/2020) sekitar pukul 23. 00 WIB telah beredar gambar Tik Tok dari korban berinisial DGT (13) dan THH (13), keduanya merupakan siswi SMP Negeri 3 yang membuat video itu dengan adegan sedang merokok. Lalu di-upload di status WhatsApp dan Facebook.

“Akibat dibanding postingan itu, kakak kelas mereka dan teman-temannya tidak terima sebab perbuatan mereka telah mencemarkan tanda baik SMP Negeri 3, ” ujar Kapolres.

Langsung, pada Selasa (29/12/2020) sekitar memukul 16. 00 WIB, korban dipanggil pelaku untuk datang di pendahuluan kompleks perumahan karyawan PT Pemintalan, Jalan Pemintalan, Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan.

Sampai di lokasi yang dimaksud, korban dimintai pertanggungjawaban terkait video Tik Tok tersebut. Korban berusaha menimbulkan maaf, namun karena para karakter terbawa emosi, mereka melakukan kekerasan fisik kepada korban berupa ujian dan jambakan rambut terhadap satu diantara korban.

Salah utama pelaku kemudian ada yang membuat video tindak kekerasan tersebut, berserakan di-upload di status WhatsApp lengah satu pelaku. Dan sekitar pukul 17. 00 WIB, video itu beredar dan viral di jalan sosial (medsos).

Gambar tersebut menggambarkan dua anak perempuan yang diduga dianiaya sekitar 5 orang, juga oleh anak rani.

Atas perbuatan tersebut, pelaku kekeradan terhadap anak bahan dijerat Pasal 80 UU MENODAI No 35 Tahun 2014 mengenai Perubahan Atas UU RI No 23 Tahun 2002 tentang Pelestarian Anak atau Pasal 351 KUHP. (*)