Polres Pamekasan Perketat Pemeriksaan Kendaraan Pemudik

TIMESINDONESIA, PAMEKASAN – Petugas gabungan dari Polres Pamekasan, TNI, Dishub Pamekasan dan tenaga Medis Pamekasan melakukan operasi gabungan di dalam posko check point Operasi Ketupat Semeru 2020 covid-19 di Pangkalan Barang Jalan Panglegur, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan Jum’at (8/5/2020).

Kapolres Pamekasan AKBP Djoko Lestari, melalui Kasubbaghumas Polres Pamekasan AKP Nining Dyah PS mengatakan, penelitian atau check point dilakukan secara terus menerus guna memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Pamekasan.

“Tujuan utamanya, melakukan penyekatan atau pemeriksaan kendaraan-kendaraan pribadi luar provinsi dan asing Kabupaten Zona Merah. Hal itu tindak lanjut dari larangan mudik, untuk pencegahan dan memutus gegabah rantai penyebaran Covid-19, ” sebutan AKP Nining Dyah.

Lebih lanjut, ia menyampaikan kalau sasaran utama check point adalah orang, barang dan kendaraan pemudik yang berasal dari luar daerah.

“Kami memeriksa kebulatan alat pelindung diri atau penggunaan masker, pembatasan jumlah penumpang dengan harus physical distancing, khususnya kendaraan jentera empat atau mobil pribadi bernopol luar kota, terutama berdampak zona merah, ” tandasnya.

Prosedur yang dilakukan, ujar AKP Nining Dyah, dengan menghentikan seluruh kendaraan bernopol Pamekasan maupun bernopol luar Pamekasan, dan luar kabupaten zona merah. Juga memeriksa individualitas diri pengemudi dan menanyakan tujuannya.

“Kemudian dilakukan pemeriksaan medis kepada pengemudi dan pengikut berupa cek suhu tubuh secara thermogun. Mencatat dan mengamankan pemudik apabila ditemukan ada yang diduga terindikasi covid-19, ” ujar hero polisi dengan tiga balok pada pundak ini.

Selain itu, polisi juga melakukan sosialisasi tentang larangan mudik di musim pandemi covid-19 saat ini. “Kami juga memberikan imbauan dan sosialisasi kepada pengemudi dan penumpang yang diperiksa tentang larangan untuk tak mudik dan mematuhi intruksi sebab pemerintah, ” tukas Kasubbaghumas Polres Pamekasan. (*)