Prajurit Kowad Cantik Pandu Daratkan Heli di Lapangan Tembak Yonif 310/KK

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Membimbing helikopter untuk mendarat bukanlah perintah yang mudah. Namun, Serda (K) Niluh Eka sosok yang adalah prajurit Korp Wanita Angkatan Darat (Kowad) memiliki bakat dan kemampuan dengan luar biasa, selain keseharianya berdinas sebagai Polisi Militer (PM) Angkatan Darat (AD).

Srikandi Kowad kelahiran Bali ini ialah sosok Kowad satu diantaranya yang menjadi pemandu helikopter di Kodam III/Siliwangi. Serda (K) Niluh Eka pun menuturkan detik-detik memandu heli agar mendarat dengan benar dan aman.

“Setelah udara terdengar dan terlihat datang berangkat gerakan say hello, atau mengangkat tangan kanan lurus ke pada. Kemudian menunjukkan diri menandakan kalau ada pemandu di landasan, ” tutur Serda Niluh Eka, dirilis Pendam III/Siliwangi, Sabtu (17/10/2020).

Setelah itu mengarahkan lengah sejajar ke depan, itu menunjukkan pesawat harus parkir di sana. “Selanjutnya, tangan kembali lurus membentang ke kiri dan ke kanan pertanda pesawat harus lurus, ” imbuhnya.

Kegiatan pendaratan heli yang dilakukan oleh Serda (K) Niluh Eka terakhir dikerjakan bilamana Heli membawa rombongan Waasops Panglima TNI Marsma TNI Jorry S. Koloay, di Kota Sukabumi, Kamis (16/10) lalu.

Seusai heli mendarat yang ditumpangi Tim dari Mabes TNI, tepat menucapkan terima kasihnya kepada Niluh dan melanjutkan melakukan pemeriksaan kesiapan operasi dan gelar perlengkapan perorangan. Namun, terlebih dahulu menerima paparan kesiapan dari Komandan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 310/KK Mayor Inf Anjar Ari Wibowo, di Balairung Makoyonif 310/KK.

Kowad Serda Niluh Eka memandu helikopter saat menerima kehadiran Waasops Panglima TNI Marsma TNI Jorry S. Koloay, yang didampingi Waasops Kasad dan Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo dalam rangka pengecekan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 310/KK. Turut hadir Kakesdam III/Slw, Paban III/Alpalslog TNI, Pabandya 2 Dolopsdgri Sops TNI, Kahubdam, Danrindam, Kabekangdam, Kapaldam, Katopdam, Danbrigif 15 /Kujang II, serta Dandim 0607/Kota Sukabumi. (*)