Gunung-ETna

Sedang, Mount Etna Italia Kembali Erupsi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menguncup bulan Januari, Gunung Etna ataupun Mount Etna di Sicily Italia kembali erupsi dan memuntahkan lahar panasnya pada Sabtu malam kemarin. Dalam video yang diunggah On Demand News gunung tersebut sempat meledak beberapa kali.

Lahar merah berpijar berjalan pelan menuruni gunung. Letupan lava dari kancah Gunung Etna menjadi pemandangan eksotis tersendiri yang dapat dinikmati daripada kejauhan.

Gunung itu dikenal sebagai gunung teraktif pada Italia. Sebelumnya gunung ini pula mengalami erupsi pada bulan Desember 2020 dan terakhir 20 Januari 2021 dengan jeda waktu yang berbeda-beda. Dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam letupan tersebut.

Mount ETna Erupsi Mount Etna (20/1/2021). (Foto: Allegra/Anadolu Agency/Getty Images)

Mount Etna merupakan haluan wisata popular di Italia. Penuh turis baik dari luar maupun dalam negeri mengunjungi dan mendaki di gunung ini karena keelokan pemandangannya. Erupsi Mount Etna ini tak menyurutkan niat wisatawan buat berkunjung.

Pijaran merah lava dan ledakan dari jawah Gunung menjadi pemandangan yang biasa di malam hari. Kebanyakan wisatawan menikmati pemandangan langka ini sejak jarak aman yang telah ditentukan.

Diperkirakan, erupsi Mount Etna Italia ini akan berlaku lagi dlam bulan Februari. Pemerintah setempat telah memperluas jarak tenang dan mengevakuasi beberapa penduduk yang tinggal di sekitar kaki gunung Etna. (*)