Palestine

Sejarah Hari Ini: 28 Mei, PLO atau Organisasi Penanggalan Palestina Didirikan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Cerita hari ini mencatat, dalam 28 Mei 1964, Dewan Nasional Palestina menyelenggarakan wasit di Yerusalem untuk dengan resmi mendirikan Organisasi Penanggalan Palestina (Palestine Liberation Organization/PLO). PLO didirkan dengan haluan untuk kemerdekaan Palestina dibanding Israel. 28 Mei serupa tercatat sebagai peringatan Keadaan Kebersihan Menstruasi.

1964: PLO Terlihat

Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) (FOTO: legaleraindonesia. com)

Organisasi tersebut dikenal sebagai “perwakilan makbul dari bangsa Palestina” sebab 100 negara. PLO secara ketuanya saat itu Yasser Arafat berhasil menyatukan seluruh organisasi perlawanan Palestina pada bawah satu wadah pada 1950-an. Di awal pendirian, PLO terus menerus menyelenggarakan seangan kepada Israel. Tetapi Israel membalas dengan menyerbu basis PLO di Lebanon.

Arafat kemudian membuat desain baru dengan mendirikan suatu pemerintahan di pengasingan. Langkah ini membuat PLO beserta dengan Hamas memperoleh penyungguhan Liga Arab sebagai tunggal organisasi bangsa Palestina tarikh 1974. Juga pada November 1974, PLO merupakan satu-satunya organisasi nonpemerintah yang memperoleh kesempatan berbicara di depan Sidang Umum PBB. Kepala langkah berikut yang dicapai ialah diperolehnya keanggotaan penuh PLO di dalam Asosiasi Arab pada tahun 1976.

Pada 15 November 1988, sebuah modus besar dilakukan oleh PLO, yaitu mengumumkan berdirinya negeri Palestina dari markas bilangan di Aljir, Aljazair. Bersaingan dengan ini PLO berangkat mendirikan kantor kedutaannya dalam berbagai negara Timur Sedang dan di Indonesia.

Pada 1993, Arafat dan PLO akhrinya putus dengan perjanjian damai secara Israel di Oslo, Norwegia, pada 20 Agustus 1993. Peranjian ini baru ditandatangani secara resmi di Washington DC, AS, 13 September 1993, dan ditandai secara jabat tangan atara Kepala PLO Yasser Arafat & PM Israel Yitzhak Rabin dengan Presiden AS Bill Clinton sebagai saksi.

Konflik Israel serta Palestina terjadi karena perebutan wilayah pada 1920an. Tiap-tiap kubu mengklaim tanah bersih di antara Sungai Jordan dan Laut Mediterania jadi wilayah mereka.

2004: Menstrual Hygiene Day atau Hari Kejernihan Menstruasi.

(FOTO: lstmed. ac. uk)

Keadaan Kebersihan Menstruasi mulai dirayakan pada 28 Mei 2014 sampai sekarang. Perayaan ini diinisiasi pada 2013 oleh organisasi non-pemerintah asal Jerman, Wash United.

Dikutip dari laman MH Day, angka ’28’ dipilih sebab rata-rata periode menstruasi setiap 28 hari sekadar. Peringatan ini diharapkan
maupun menciptakan manajemen kebersihan menstruasi dan mendorong terpenuhinya hak-hak perempuan terkait menstruasi.

Wash United setiap tahunnya menyelenggarakan berbagai acara seperti edukasi terpaut kesehatan perempuan di bermacam-macam negara untuk memperingati Keadaan Kebersihan Menstruasi. (*)