Hatta-Saraha

SMA Negeri 1 Daruba Terapkan Pendidikan Keluarga Masuk Sekolah

TIMESINDONESIA, MOROTAI – Ada puluhan SMA di Tanah Morotai, Maluku Utara namun baru SMA Negeri 1 Daruba yang menerapkan Pendidikan Keluarga Masuk Sekolah jadi program inovasi.

Program inovatif itu sebagai solusi antara guru dan orang tua siswa dalam berbagi saran dan pertimbangan terkait sekolah, proses belajar melatih sampai dengan prilaku siswa.

“Di Morotai baru SMA Negeri 1 yang melaksanakan program keluarga masuk sekolah. Program ini sudah berjalan sejak tiga tahun lalu, ini merupakan program pembaruan sekolah, ” ungkap Kepsek SMA Negeri 1 Pulau Morotai, Hatta Saraha, Selasa (2/2/2021).

Ia jelaskan, pelaksanaannya setiap akhir bulan dimana seluruh orang primitif siswa bertemu wali kelas masing guna bicarakan berbagai hal tentang kendala siswa.

“Maksud dan tujuan dari pertemuan itu, untuk mencari solusi tentang bervariasi masalah yang dihadapi siswa. Termasuk meningkatkan kedisiplinan siswa dan yang lain, ” katanya.

Menurutnya, ada tiga pilar yang menopang prilaku siswa kearah positif maupun negatif. Antaranya Guru, Orang Usang dan Lingkungan dimana siswa itu tinggal. Alhamdulillah diterapkan Pendidikan Puak Masuk Sekolah dampak positifnya betul besar kita rasakan, karena murid dapat dikontrol.

“Dari tiga pilar ini tidak dapat ada yang lemah karena, betul mempengaruhi siswa. Untuk itu, kalender ini dibentuk demi mengsingkronkan budi orang tua siswa dengan guru di dalam menangani permasalahan anak baik di sekolah, rumah maupun lingkungan siswa tinggal, ” jelas Kepala SMA Jati 1 Pulau Morotai, Hatta Saraha. (*)