Wedang-Uwuh-Madiun

Tahukah Anda, Bahan Wedang Uwuh Bisa Jadi Rempah Mandi

TIMESINDONESIA, MADIUN – Wedang uwuh ialah minuman penghangat tubuh berbahan aneka rempah dan rimpang yang diseduh atau direbus sebelum diminum. Ternyata racikan bahan wedang uwuh serupa bisa digunakan sebagai rempah mandi. “Bahan-bahan racikan untuk wedang uwuh bisa diminum atau digunakan untuk berendam. Khasiatnya untuk merawat kulit, ” jelas Masita, peracik wedang uwuh Good Father Madiun.

Beberapa kesaktian rempah yang ada di Wedang Uwuh Good Father jika dipakai mandi ataupun berendam di antaranya kayu manis untuk merangsang peredaran darah di permukaan kulit, daun pala mengurangi peradangan dan iritasi kulit, jahe sebagai anti oksidan serta anti aging.

Juga ada cengkeh dengan bisa mengobati jerawat dan mengatasi kulit berminyak, secang untuk meremajakan kulit serta mencerahkan kulit, pekak dengan mengandung anti oksidan lulus tinggi mampu memudarkan bekas luka dan noda.

Wedang Uwuh Madiun 1

“Ada kapulaga untuk mengatasi alergi indra peraba serta serai yang bisa mencegah gatal karena gigitan nyamuk, mengatasi tumit kering dan membantu mengurangi ketombe, ” jelas Masita.

Cara penggunaan rempah wedang uwuh untuk berendam pun cukup mudah. Yaitu dengan merebus semua objek wedang uwuh beberapa bungkus sesuai kebutuhan, kecuali gula batu.

Setelah mendidih dan semua bakal tercampur rata lalu saring dan masukkan ke di ember. Campur dengan air biasa hingga hangat pada kulit dan dibuat makbul seperti biasa.

“Jika punya bathtub mampu dipakai untuk berendam, ” tambah Masita.

Dengan bahan rempah & dedaunan yang lengkap, wedang uwuh Good Father yang diproduksi di Jalan Tanjung Raya No 30, Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun bisa digunakan sebagai body therapy agar sehat asing dan dalam. Yakni secara cara diminum sekaligus mampu digunakan untuk rempah mandi. (*)