Tips Aman Bertransaksi Keuangan Digital pada Masa Pandemi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di masa pandemi kaya saat ini, bertransaksi keuangan melalaikan aplikasi digital menjadi pilihan cendekia. Anda tak perlu memegang kepingan uang yang mungkin saja tersedia virus yang menempel.

Bank Indonesia sendiri telah menyimpan, pertumbuhan nilai transaksi uang elektronik tetap kuat pada Juli 2020, yakni sebesar 24, 42 upah (yoy).

Semetentara bagian transaksi digital banking juga menemui pertumbuhan yang tinggi sebesar 38, 81 persen (yoy) pada Juli 2020.

Meski dinilai lebih aman dari paparan virus covid- 19, namun transaksi digital juga mudah diretas oleh orang tak bertanggung jawab. Lantas dengan jalan apa agar transaksi keuangan secara digital ini bisa aman?

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis tips aman bertransaksi keuangan secara digital.

1. Hindari Penggunaan WiFi Publik untuk Transaksi Keuangan

WiFi publik berisiko tinggi untuk pencurian masukan pribadi. Jika Anda ingin melayani transaksi keuangan, disarankan menggunakan jaringan internet pribadi yang lebih tenang.

Anda juga diingatkan untuk selalu memantau notifikasi dibanding setiap transaksi. Jika menerima informasi dari transaksi yang tidak diketahui, dapat segera menghubungi pihak bank yang bersangkutan.

2. Belanja Online di Situs ataupun Aplikasi yang Terpercaya

Pastikan hanya berbelanja di situs online yang terpercaya. Cara buat memastikan situs online aman ataupun tidak, yaitu dengan melihat apakah ada ikon ‘gembok’. Situs yang aman terdapat simbol ini dalam pojok kiri atas sebelum alamat situs atau alamat situs yang dimulai dengan https://.

Selain itu, situs belanja online yang terpercaya biasanya memiliki layanan garansi dan akan bertanggungjawab kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Hindari bertransaksi digital yang meminta pembayaran tepat ke rekening pribadi penjual. Kejadian ini untuk menghindari penipuan.

3. Rutin Mengganti Password dan Tidak Sembarangan Memberikan One Time Password (OTP)

Ganti PIN/password Anda secara berkala. Buatlah PIN dengan paduan nilai, tanda baca, dan huruf yang unik. Diusahakan bedakan PIN/password untuk rekening atau akun yang bertentangan.

Jangan pernah memberitahukan PIN/password atau OTP ke orang lain yang tidak dikenal serta hindari mengirimkan data pribadi melalaikan aplikasi percakapan digital atau jalan sosial. (*)

***

Pesan Redaksi:

Mari bersama-sama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca mengikuti mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Peduli pesan Ibu, pakai masker, tetap cuci tangan dan selalu terbuka jarak serta hindari kerumunan. (*)