Posko-Satgas

Urusan Meningkat, Satgas Covid-19 Menimbulkan Daerah Optimalkan Posko

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Negeri daerah diminta mengoptimalkan peran dan fungsi posko Covid-19. Permintaan tersebut disampaikan ujung bicara Satgas Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito menyusul meningkatnya kasus positif dan kematian akibat virus Corona di sejumlah wilayah.

“Dimohon kepada daerah yang kasus positif serta kematiannya meningkat untuk terus mengoptimalkan fungsi posko Covid-19, ” ujarnya, Rabu (21/4/2021).

Salah kepala kegiatan yang perlu diprioritaskan posko Covid-19, menurut Resi, adalah mengawasi penerapan adat kesehatan untuk mencegah transmisi.

Dia juga mengimbau masyarakat ikut mengikuti memantau posko Covid-19 di daerah masing-masing.

“Apabila posko belum terbentuk, atau belum beroperasi secara otpimal, harap melapor ke kecamatan dan secara berjenjang akan disampaikan hingga ke tingkat provinsi, ” kata dia.

Kasus positif dan kematian akibat Covid-19 kembali meningkat pada periode 12 April hingga 18 April 2021.

Patuh Wiku, penambahan kasus pasti dan kematian tersebut mampu terjadi karena dampak sejak libur Paskah pada 4 April lalu.

Selain itu, kata Resi, ada kemungkinan karena euforia pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jadi kepatuhan dalam penerapan protokol kesehatan menurun. Lemahnya penerapan protokol kesehatan membuka jalan penularan Covid-19.

Wiku meminta semua bagian mengambil langkah cepat untuk menekan laju kasus membangun dan kematian, termasuk memaksimalkan posko Covid-19. Dia berniat, peningkatan kasus positif dan kematian akibat Covid-19 tak terjadi pada pekan berikutnya. (*)