Village-Talk

Village Talk Asah Kreativitas Keluaran Desa

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Bidang Pabrik Pariwisata Dinas Pariwisata & Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jabar) menggelar Village Talk bertema “Product Development, Sosial Media Marketing, ” di Bukit Akasia, Desa Wisata Cinanjung, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Selasa (30/3/21).

Kegiatan ekraf masuk desa ini berniat untuk meningkatkan perekonomian & pemerataan pembangunan yang berbasis kearifan lokal. Dengan kaidah pelatihan branding, packing dan digital marketing bagi para pelaku ekonomi kreatif (ekraf).

Kabupaten Sumedang dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Village Talk pertama yang diselenggarakan tahun ini. Banyaknya inovasi ekonomi kreatif di sektor pariwisata di Desa Cinanjung yang didasari atas mengangkat royong masyarakat karena kesadaran akan potensi desa yang merupakan binaan dari Disparbudpora Kabupaten Sumedang.

Untuk tersebut program Village Talk Disparbud Jabar hadir guna mengembangkan ekonomi kreatif dari kampung ini.

Besar Disparbud Jabar diwakili Sekdisparbud, Andrie Kustria Wardana mengucapkan produk-produk kreatif harus didukung dengan ide-ide yang intelek yang lahir dari SDM yang kreatif dan kompeten.

“Atas dasar inilah pelatihan ini diharapkan dapat memberikan masukan & pencerahan kepada masyarakat Tempat Cinanjung, ” kata Andrie.

Kabid Industri Pariwisata Disparbud Jabar, Melacak Lesminingwati menjelaskan Village Talk bertujuan dalam pengembangan desa wisata. Untuk memulainya diperlukan adanya SDM yang berkembang.

“Pengembangan daerah wisata berbasis ekonomi kaya harus memiliki konsep connect, colaborate and commerce, jadi potensi yang ada sanggup dimaksimalkan, ” tutur Meneliti.

Sementara Kasi Pengembangan Kemitraan Disparbud Jabar, Melinda Rizki mengaku senang dan bangga atas kekompakan serta antusias yang ada di masyarakat Desa Cinanjung di pelatihan Village Talk kali ini.

Village Talk yang diselenggarakan di Kabupaten Sumedang dihadiri 30 peserta yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Cinanjung & Kelompok Ekonomi Kreatif Desa Cinanjung. (*)