Wabup Sumedang Pastikan Pilkades Terapkan Prokes Secara Ketat

Wabup Sumedang Pastikan Pilkades Terapkan Prokes Secara Ketat

TIMESINDONESIA, SUMEDANG – Menghadap Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Sinkron gelombang III di 88 desa pada 16 Desember 2020 kelak, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan mengisbatkan perlu perhatian khusus. Mengingat pengamalan Pilkades tahun ini dilakukan dalam masa pandemi Covid-19.

“Semua petugas yang terlibat pada tingkat desa harus mempersiapkan muncul, menjaga dan meningkatkan kesehatan biar dapat menjalankan tugas dengan mampu, ” ujar Wabup seusai pembinaan kinerja pegawai di Pendopo Kecamatan Sumedang Utara, Selasa (8/12/2020).

Menurut Wabup, Panitia Pilkades harus benar-benar dalam keadaan bugar. Oleh Sebab itu, dirinya menyarankan agar meningkatkan pola hidup segar dengan mengkonsumsi gizi yang cocok, razin berolahraga, istirahat yang cukup, cek kesehatan dan hindari kelompok.

“Dalam pelaksanaan Pilkades nanti, para panitia juga kudu menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Kemudian, melakukan penyemprotan disinfektan di area Tempat Pemungutan Suara (TPS) baik sebelum ataupun setelah pencoblosan. Mulai dari alat pencoblos, bilik, meja dan semua perkakas prasarana di lokasi pencoblosan harus disemprot disinfektan, ” terangnya.

Selain itu, sambung Wabup, agar panitia menyiapkan sarung lengah untuk sekali pakai, alat pengukur suhu tubuh, masker, serta memelihara antrian masyarakat yang akan mencoblos, minimal berjarak 1 meter.

“Kemudian jika ada kelompok yang bergelaja sakit atau batuk darah, diharapkan segera melapor ke aparat kesehatan Covid-19 setempat, ” jelasnya.

Sedangkan bagi klub yang akan menggunakan hak pilihnya. Wabup berharap, agar mencoblos sesuai dengan jadwal yang telah ditulis di formulir pemberitahuan. Bahkan, memakai sarung tangan sekali pakai yang diberikan oleh KPPS.

“Masyarakat juga diharapkan tidak berkerumun usai melaksanakan pencoblosan. Lebih molek langsung pulang jika sudah mencoblos, ” katanya.

Tak sampai disitu, Wabup juga berpetaruh, agar masyarakat dan para bahan kades tetap menjaga kondusifitas. Terlebih, terselenggaranya pelaksanaan Pilkades yang tenteram, damai, tertib, demokratis, jujur & adil.

“Saya harap momentum Pilkades di Sumedang men kepala desa yang terbaik atas opsi masyarakat sesuai nuraninya. Bagi yang menang sejatinya tetap rendah berkorban, dan yang kalah mesti berbesar hati, ” ujar wabup terkait pelaksanaan Pilkades serentak di Sumedang . (*)